Terimaksih Atas Kunjungan Anda semoga bermanfaat (~M~)
Welcome To Momon Nurohman's Blog (~`~) Room of Learner Sharing (~,~) No Ones Grew Well Without Learning

Monday, January 24, 2011

RPP Bahasa Inggris SMP/MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
01
Satuan Pendidikan : MTs. Sabilissalam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Jumlah pertemuan : 2x40’ (1xPertemuan)

Standar Kompetensi
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Listening
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan


Indicator
• Mengidentifikasi makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian.
• Mengidentifikasi makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
• Merespon makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian.
• Merespon makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan

I. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian.
• Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
• Siswa dapat merespon makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian.
• Siswa dapat merespon makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan

II. Materi Ajar
Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
• Meminta dan memberi kepastian (Certainty).
e.g. A: Are you sure ?
B: I am. It is confirmed
• Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
A. Well... I am not sure
B. Don’t worry

III. Alokasi Waktu
2 x 40 Menit

IV. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah,
2. Tanya jawab

V. Kegiatan Pembelajaran (Tatap Muka)
Langkah-Langkah:
Kegiatan awal
1. Guru mengabsen siswa.
2. Guru mengarahkan siswapada suasana yang kondusif.
3. Guru memberikan pertanyaan awal pada siswa seputar materi yang akan diajarkan.
Kegiatan inti
1. Siswa mendengarkan pecakapan singkat tentang ungkapan Meminta dan memberi kepastian.
2. Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan yang didengar.
3. Siswa mengidentifikasi ungkapan-ungkapan tersebut diatas.
4. Siswa mempelajari dan memahami ungkapan-ungkapan tersebut secara mandiri dan klasikal.
Kegiatan akhir
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang ungkapan-ungkapan tersebut.

PT/KMTT: -

VI. Penilaian
Teknik penilaian : Tes lisan
Bentuk instrument : Uraian singkat
Contoh instrument : Listen to the tape about missing expressions!
VII. Alat/Sumber/Bahan AjarSumber:
• English in Focus Grade IX (Bse): Depdiknas
• Look Ahead 2: Erlangga
Alat:
• Kaset/CD
• Tape
• White/Black board



Mengetahui                                                                 Pusakanagara, Juli, 2010
Kepala MTs. Sabilissalam                                             Guru Mata Pelajaran


Tatang Suryamiharja                                                   Momon Nurohman, S.Pd
.....................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
03
Satuan Pendidikan : MTs. Sabilissalam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Jumlah pertemuan : 2x40’ (1xPertemuan)
Standar Kompetensi
2. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Listening
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Indicator
1. Mengidentifikasi pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
2. Memahami makna pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
3. Menanggapi pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Mengidentifikasi pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
2. Siswa dapat Memahami makna pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
3. Siswa dapat Menanggapi pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
II. Materi Ajar
Teks fungsional pendek
- pesan singkat
- iklan
- pengumuman
III. Alokasi Waktu
2 x 40 Menit
IV. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah,
2. Tanya jawab
V. Kegiatan Pembelajaran (Tatap Muka)
Langkah-Langkah:
Kegiatan awal
1. Guru mengabsen siswa.
2. Guru mengarahkan siswapada suasana yang kondusif.
3. Guru memberikan pertanyaan awal pada siswa seputar materi yang akan diajarkan.
Kegiatan inti
1. Siswa mendengarkan pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
2. Siswa menuliskan pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.yang didengar.
3. Siswa mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman tersebut diatas.
4. Siswa mempelajari dan memahami pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.secara mandiri dan klasikal.
Kegiatan akhir
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman. pecakapan/ monolog singkat tentang Iklan, Pesan Singkat dan Pengumuman.
PT/KMTT: -
VI. Penilaian
Teknik penilaian : Tes lisan
Bentuk instrument : Uraian singkat
Contoh instrument : Fill in the blang based on the words you hear!
VII. Alat/Sumber/Bahan AjarSumber:
• English in Focus Grade IX (Bse): Depdiknas
• Look Ahead 2: Erlangga
Alat:
• Kaset/CD
• Tape
• White/Black board


Mengetahui                                                                         Pusakanagara, Juli, 2010
Kepala MTs. Sabilissalam                                                    Guru Mata Pelajaran



Tatang Suryamiharja                                                           Momon Nurohman, S.Pd
NIP.                                                                                    NIP.
.............................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
05
Satuan Pendidikan : MTs. Sabilissalam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Jumlah pertemuan : 2x40’ (1xPertemuan)
Standar Kompetensi
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Speaking
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan.

Indicator
1. Mengidentifkasi makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty).
2. Melafalkan makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan.
3. Mengemukakan makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty) , Mengungkapkan dan menanggapi keraguan.

I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Mengidentifkasi makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty).
2. Siswa dapat Melafalkan makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan.
3. Siswa dapat Mengemukakan makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty) , Mengungkapkan dan menanggapi keraguan.

II. Materi Ajar
Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
• Meminta dan memberi kepastian (Certainty).
e.g. A: Are you sure ?
B: I am. It is confirmed
• Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
A. Well... I am not sure
B. Don’t worry

III. Alokasi Waktu
2 x 40 Menit

IV. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Tanya jawab

V. Kegiatan Pembelajaran (Tatap Muka)
Langkah-Langkah:
Kegiatan awal
1. Guru mengabsen siswa.
2. Guru mengarahkan siswapada suasana yang kondusif.
3. Guru memberikan pertanyaan awal pada siswa seputar materi yang akan diajarkan.
Kegiatan inti
1. Siswa mengidentifkasi makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty).
2. Siswa melafalkan makna tindak tutur Mengungkapkan dan menanggapi keraguan.
3. Siswa mengemukakan makna tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty) , Mengungkapkan dan menanggapi keraguan secara berpasangan dan mempertunjukanya di depan kelas.
Kegiatan akhir
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran dari mulai tindak tutur Meminta dan memberi kepastian (Certainty) , Mengungkapkan dan menanggapi keraguan.
PT/KMTT: -

VI. Penilaian
Teknik penilaian : Tes lisan
Bentuk instrument : Uraian singkat
Contoh instrument : respon your priend based on the expressions he/she express!


VII. Alat/Sumber/Bahan AjarSumber:
• English in Focus Grade IX (Bse): Depdiknas
• Look Ahead 2: Erlangga
Alat:
• Kaset/CD
• Tape
• White/Black board




Mengetahui                                                                         Pusakanagara, Juli, 2010
Kepala MTs. Sabilissalam                                                    Guru Mata Pelajaran



Tatang Suryamiharja                                                          Momon Nurohman, S.Pd
NIP.                                                                                   NIP.
.................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
09
Satuan Pendidikan : MTs. Sabilissalam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Jumlah pertemuan : 2x40’ (1xPertemuan)
Standar Kompetensi
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Reading
5.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
Indicator
1. Membaca teks berbentuk Procedure.
2. Mengidentifikasi makna yang terdapat dalam teks Procedure.
3. Mempelajari kata-kata/kaliat-kalimat yang digunakan dalam teks berbentuk Procedure.
4. Menentukan /Menyimpulkan redaksi /kalimat dan tenses yang biasa digunakan dalam teks Procedure.
5. Menganalisis Language Features dari teks berbentuk Procedure.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Membaca teks berbentuk Procedure.
2. Siswa dapat Mengidentifikasi makna yang terdapat dalam teks Procedure.
3. Siswa dapat Mempelajari kata-kata/kaliat-kalimat yang digunakan dalam teks berbentuk Procedure.
4. Siswa dapat Menentukan /Menyimpulkan redaksi /kalimat dan tenses yang biasa digunakan dalam teks Procedure.
5. Siswa dapat Menganalisis Language Features dari teks berbentuk Procedure.
II. Materi Ajar
1. Procedure Text
“Let’s Make Your Own Aquarium Ecosystem”
III. Alokasi Waktu
2 x 40 Menit
IV. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Tanya jawab
V. Kegiatan Pembelajaran (Tatap Muka)
Langkah-Langkah:
Kegiatan awal
1. Guru mengabsen siswa.
2. Guru mengarahkan siswapada suasana yang kondusif.
3. Guru memberikan pertanyaan awal pada siswa seputar materi yang akan diajarkan.
Kegiatan inti
1. Siswa Membaca teks berbentuk Procedure.
2. Siswa Mengidentifikasi makna yang terdapat dalam teks Procedure.
3. Siswa Mempelajari kata-kata/kaliat-kalimat yang digunakan dalam teks berbentuk Procedure.
4. Siswa Menentukan /Menyimpulkan redaksi /kalimat dan tenses yang biasa digunakan dalam teks Procedure.
5. Siswa Menganalisis Language Features dari teks berbentuk Procedure.
Kegiatan akhir
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang teks Procedure dan mengoreksi kesalahan siswa dalam pengucapan kata (pronounciation).
PT/KMTT: -
VI. Penilaian
Teknik penilaian : Tes lisan
Bentuk instrument : Uraian singkat
Contoh instrument : Fill in the blanks with the word in the box!
VII. Alat/Sumber/Bahan AjarSumber:
• English in Focus Grade IX (Bse): Depdiknas
• Internet
• Look Ahead 2: Erlangga
Alat:
• White/Black board


Mengetahui                                                                        Pusakanagara, Juli, 2010
Kepala MTs. Sabilissalam                                                   Guru Mata Pelajaran



Tatang Suryamiharja                                                         Momon Nurohman, S.Pd
NIP.                                                                                  NIP.
.................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
12
Satuan Pendidikan : MTs. Sabilissalam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Jumlah pertemuan : 4x40’ (2xPertemuan)
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Writing
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Indicator
1. Membaca kata-kata/kaliat-kalimat yang digunakan dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
2. Mengidentifikasi makna yang terdapat dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
3. Menyimpulkan redaksi /kalimat yang biasa digunakan dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
4. Membuat kalimat yang berbentuk Advertisement, Announcement, Short messages.
5. Melengkapi teks rumpang dalam bentuk Advertisement, Announcement, Short messages.

I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Membaca kata-kata/kaliat-kalimat yang digunakan dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
2. Siswa dapat Mengidentifikasi makna yang terdapat dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
3. Siswa dapat Menyimpulkan redaksi /kalimat yang biasa digunakan dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
4. Siswa dapat Membuat kalimat yang berbentuk Advertisement, Announcement, Short messages.
5. Siswa dapat Melengkapi teks rumpang dalam bentuk Advertisement, Announcement, Short messages.

II. Materi Ajar
• Menulis kalimat pendek dan sederhana
- Simple present tense
- Past tense
- Future tense
• Menulis teks fungsional pendek dan sederhana
- Advertisement
- Announcement
- Short messages.

III. Alokasi Waktu
4 x 40 Menit
IV. Metode Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Tanya jawab
V. Kegiatan Pembelajaran (Tatap Muka)
Langkah-Langkah:
Kegiatan awal
1. Guru mengabsen siswa.
2. Guru mengarahkan siswapada suasana yang kondusif.
3. Guru memberikan pertanyaan awal pada siswa seputar materi yang akan diajarkan.
VI. Kegiatan inti
1. Siswa Membaca kata-kata/kaliat-kalimat yang digunakan dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
2. Siswa Mengidentifikasi makna yang terdapat dalam Advertisement, Announcement, Short messages t.
3. Siswa Menyimpulkan redaksi /kalimat yang biasa digunakan dalam Advertisement, Announcement, Short messages.
4. Siswa Membuat kalimat yang berbentuk Advertisement, Announcement, Short messages.
5. Siswa Melengkapi teks rumpang dalam bentuk Advertisement, Announcement, Short messages.

VII. Kegiatan akhir
• Guru menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan feed back pada siswa dengan mengecek pemahaman siswa tentang materi tesebut.
PT: Looking for the other example of Advertisement, Announcement, Short messages, then copies it into your note. You can find it all at the internet!
KMTT: Write the Advertisement, Announcement, Short messages by using your own words, and hand in at the final test!
VIII. Penilaian
Teknik penilaian : Tes lisan
Bentuk instrument : Uraian singkat
Contoh instrument : Write the announcement as good as you can!

IX. Alat/Sumber/Bahan AjarSumber:
• English in Focus Grade IX (Bse): Depdiknas
• Internet
• Look Ahead 2: Erlangga
Alat:
• White/Black board




Mengetahui                                                                    Pusakanagara, Juli, 2010
Kepala MTs. Sabilissalam                                               Guru Mata Pelajaran



Tatang Suryamiharja                                                     Momon Nurohman, S.Pd
NIP.                                                                              NIP.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis koment anda di bawah ya...
Thanks!

  ©SILABUS RPP KKM - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo